Selasa, 30 Juli 2013



TIPS MUDIK LEBARAN DENGAN BUS

Foto Ilustrasi : Harian Jogja

             Halo guys, bagaimana kabar kalian hari ini? menjelang Hari Raya Idul Fitri, hampir seluruh masyarakat indonesia melakukan hal yang namanya MUDIK. Ya, tradisi tahunan ini memang menjadi hal yang tidak terpisahkan dari tradisi Idul Fitri. Nah, sehubungan dengan hal tersebut, kali ini saya akan membahas tentang tips mudik menggunakan bus. Moda transportasi aini memang banyak diandalkan oleh para pemudik. Daripada naik sepeda motor yang beresiko tinggi, say lebih memilih naik bus.Sekarang mari kita bahas......

1. Persiapkan Barang yang Akan Dibawa

Mengingat bus merupakan moda transportasi umum, ada baiknya jika kita mempersiapkan barang yang akan digunakan di dalam bus. Hal ini bertujuan agar anda tidak usah membeli dalam bus. Barang yang perlu dibawa saat perjalan di dalam bus antara lain makanan ringan, snack, minuman, obat-obatan seperti minyak kayu putih dan sejenisnya. Jangan lupa untuk membawa obat anti mabuk jika memang anda kurang tahan naik bus. Sediakan pula kantong plastik kecil untuk berjaga-jaga saat perjalanan. Bawa juga jaket untuk menahan hawa dingin di dalam bus.

2. Beli Tiket Bus Sesuai Tempat Tujuan

Bagi para pemudik yang menggunakan jasa bus, langkah kedua yang harus dilakukan adalah membeli tiket bus. Pastikan membeli tiket bus sesuai tujuan anda. Pilih waktu keberangkatan bus yang tepat agar anda tidak tergesa-gesa. Untuk menghindari kehabisan tiket, anda bisa melakukan pemesanan ke agen bus terdekat jauh-jauh hari sebelum hari keberangkatan. Tiket bus ini biasanya sudah bisa dipesan mulai dari H-20 lebaran. Ingat!! Jangan tertipu oleh calo!! Calo biasanya akan mendekat dan menawarkan kepada anda tiket bus tujuan anda. Selain harganya yang mahal, bus yang ditawarkan calo-calo tersebut terkadang tidak sesuai dengan class atau kualitas yang ditawarkan. Jika anda bersama anak  anda, pilih tempat duduk yang bersebelahan atau berdampingan dengan anak anda. Hal ini bertujuan agar anda  bisa mengawasi anak anda.
   
3. Datanglah 30 Menit Sebelum Keberangkatan Bus

Hal ini dimaksudkan agar anda tidak tergesa-gesa berangkat dari rumah. Cek kembali barang bawaan  dan tiket bus anda sebelum berangkat ke terminal atau agen bus. Setelah sampai di terminal/agen, tunggu di ruang tunggu yang sudah disediakan. Jika anda masih bingung dengan bus yang akan anda naikki,  anda bisa menanyakannya kepada petugas di agen tersebut mengenai jam keberangkatan, kode bus, dan  nomor tempat duduk anda.

4. Pastikan Bus yang Anda Naiki Benar

Sebelum anda naik ke dalam bus, pastikan terlebih dahulu kode bus atau plat nomer bus yang tertera pada tiket. Jika sudah, anda bisa naik dan tempati tempat duduk yang sesuai  yang tertera pada tiket. Jika anda masih merasa bingung, anda bisa bertanya kepada petugas agen atau kondektur bus tersebut.

5. Taruh Barang Bawaan Anda di Tempat yang Mudah Dijangkau dan Mudah Diawasi

Mengingat masih ditemukannya tingkat kriminal di dalam bus, hal ini mungkin penting untuk diperhatikan. Taruhlah barang bawaan anda di tempat yang mudah dijangkau dan sangat jelas terlihat. Misalnya di bagasi atas bus untuk barang-barang yang kecil seperti makanan atau semacamnya. Ingat! Pisahkan barang berharga anda. Barang berharga lebih baik anda masukan ke dalam tas yang akan anda bawa terus. Selain itu, barang berharga lain seperti cincin, kalung dsb. lebih baik dimasukkan ke dalam tas. Hal ini bisa menghindarkan anda dari para penjahat. Pisahkan pula uang utama dan uang perjalan anda. Hal ini bertujuan agar anda tidak perlu membuka-buka isi tas anda. Yang tidak kalah penting adalah tingkat kewaspadaan anda. Jika terpaksanya anda merasa ngantuk dan ingin tidur, bawalah tas anda dengan posisi didekap/dipangku. Kalau anda bersama keluarga anda, anda bisa menitipkannya sebentar kepada  saudara anda yang masih terjaga. Jangan sekali-kali dibiarkan begitu saja di lantai bus. Jika anda membawa tas besar, anda bisa menaruhnya di bagasi bawah bus.


Mungkin ini saja yang bisa saya sampaikan, kurang lebihnya mohon maaf. Terima kasih atas kunjungannya dan selamat bermudik. Semoga anda selamat sampai tujuan dan bisa berkumpul dengan sanak saudara anda...........

1 komentar: